Tentunya artikel seperti ini sudah sangat banyak bertebaran di internet. Tapi corat coret diperlukan untuk mereload ulang imajinasi yang lama tidak digunakan. :v

Penambahan modul twitter kali dilakukan secara manual menggunakan fasilitas di twitter tersebut dan juga modul dari extensionsjoomlaorg yakni bernama “Blank Module”. Pada kasus ini penulis memasukkan modul di halaman muka dari website.

Langkah yang harus dilakukan.

1. Login ke Twitter anda

2. Masuk dalam Profil dan Pengaturan ( profil and Setting )

3. Perhatikan panel kiri paling bawah. Cari tombol Widget

4. Kemudian Buat Baru maka akan muncul halaman seperti ini

1

5. Langsung Klik saja Create Widget pada tombol kiri bawah. Setelah itu akan muncul Seperti ini :

2

Perhatikan kolom yang dilingkari warna merah. Nah itu merupakan kode yang akan kita “copy” ke dalam modul joomla nantinya.

6. Sampai disini kemudian kita siapkan modul bernama “Blank Modul” dapat di unduh disini. Ini ber-type Free Download

7. Modul tersebut bernama “mod_blank250.zip”. Entah kenapa ada embel-embel 250? Apakah ini untuk joomla 2.5? Tetapi modul ini bisa untuk joomla 3.x

8. Masuk kedalam menu administrator joomla. Setelah itu pilih Menu –> Extension –> Extension Manager –> Install

Kemudian pilih di mana file modul.zip tadi diletakkan. Setelah itu Install.

9. Setelah install berhasil. Masuk kembali ke menu Extension –> Modul Manager kemudian cari ” Blank Module” setelah itu kita aktifkan atau kita publish. dan pastikan status sudah terceck publish.

10. Pilih menu Site –> Control Panel –> Site Manager. Maka akan tampil 3 kolom yakni Menu, Component dan Modul. Pilih kolom yang kanan yakni kolom module. Untuk penempatan kolom Twitter nantinya penulis pilih sisi kiri dari website. Dapat juga memilih peletakan di kanan atau dimana terserah. Pilih dengan menggunakan klik kiri pada mouse kemudian “Add module”.

3

11. pilihlah tombol “Blank Module” kemudian akan muncul menu popup seperti ini. Pada tab HTML kita isikan Code HTML yang sudah kita miliki pada halaman  widget Twitter pada no: 5 diatas. Setelah itu Jangan Lupa diberi Title pada tab Detail. Setelah itu Save and Close

5

12. Setelah berhasil di simpan. Silahkan reload alamat situs anda tersebut. makan kolom twitter akan muncul. Sesuai penempatan yang sudah anda tentukan diatas. Contoh hasil :

6

13. Selamat bersenang-senang 🙂