Balik nama STNK di Polres Sleman

stnk
Selamat sore dan selamat malem jum’at.
Sudah lama tidak membuka blog dan meneruskan “ketik-mengetik” dalam urusan menjabarkan informasi. Karena memberi kebaikan itu sangat indah rasanya.
Topik kali ini adalah : “CARA BALIK NAMA STNK DI POLRES SLEMAN”
Hal ini dimulai beberapa waktu yang lalu setelah “UTANG” uang untuk cari kendaraan yang bisa diajak mendaki gunung dan menuruni lembah meniti jalan-jalan kejam. (*halah)
PERSIAPAN :
  1. Kendaraan bermotor yang syah jasmani dan rohani. Alias lengkap tidak BM (black market)
  2. BPKB aseli
  3. STNK aseli
  4. KTP
  5. KUITANSI yang dibuat sendiri dan bermaterai. yang didalamnya berisi bukti penjualan kendaraan bermotor dengan nama pembeli dan penjual serta nominal dan dibubuhi materai. anda dapat mengarang isi dari kuitansi ini. Atau kalo ingin mudah, nanti di POLRES juga dapet blangko gratis kok untuk mengisi tersebut. jangan lupa MATERAI 6000 yang belum kadaluarsa.
  6. Uang + (rokok dan minuman ringan ) #jangan membawa minuman yang membuat ringan badan. hehee
  7.  Bolpoint + Staples (ben ra ribet).
  8. Doa.
PROSES :
1. Mandi pagi serta sarapan dahulu. Kemudian datanglah sepagi mungkin di POLRES bukan di SAMSAT (cara yang dipakai terakhir kali penulis untuk melakukan proses balik nama.
2. Langsung menuju TKP di bagian STNK. (kalo di polres sleman itu ada dibagian belakang masjid,sisi timur)
3. Setelah parkir. langsung masuk ke t4 Fotocopy untuk menfotokopi. Nanti bilang saja untuk balik nama. nanti kalo belum ada blangkonya akan diberi blangko kuitansi tersebut. Fotokopi sebanyak 3x (tiga kali) untuk semua surat. STNK,BPKB,KTP. ( pada waktu itu penulis pergi ke SAMSAT dahulu karena tidak tahu prosesinya. Kemudian fotokopi di SAMSAT dahulu, eh setelah mau ngesek nomor motor malah disuruh ke POLRES) jadi ngerti malah prosesinya. Kalo anda-anda langsung aja menuju ke TKP.
4. Setelah selesai fotokopi dan mengisi kuitansi bermaterai tersebut. Menuju ke bagian pengambilan no urut dan blanko sticker untuk “mengorek-orek” nomor rangka dan nomor mesin. Anda dikenai biaya administrasi :P Rp. 15.000,-. :D
5. Menuju tempat orek-orek ( diparkiran itu kan ada 2 orang yang pake seragam biru dan membawa ember serta pensil ) nah itu orangnya. taruh aja motor disitu dan blankonya. nanti kan dipanggil sendiri. Setelah sudah, anda akan kena lagi Rp.5000,-. :( :( buat apa yah?padahal kan cuma orek-orek saja) TOBYAT!!!
6. Kemudian anda akan disuruh memindahkan motor anda ke parkiran motor,( sssttt tenang disini tidak membayar parkir, alias gratis )
7. Masuk keloket berikutnya,tepat di depan ruang tunggu. taruh seluruh berkas anda disana dan menunggu panggilan melalui speaker dari petugas. Kira-kira 1/2 jam baru kelar. Nah disini saatnya cari kenalan gadis atau cowo-cowo maho. hahahhhah…
8. Setelah nunggu ampe keringetan dan kehabisan nafas maka akan dipanggilah engkau kembali ke ruangan itu. Akan mendapat berkas anda tadi dengan biaya FREE. Kemudian akan disuruh masuk keruang berikutnya.
9. Masuk aja keruangan itu, maka disana engkau akan dihadapkan kepada para “masyarakat berseragam”. tenang saja. kemudian berkas akan diminta dan anda akan disuruh menunggu diluar saja. Tenang pada proses ini akan berlangsung sebentar saja. Setelah dipanggil kembali , anda dikenakan biaya standart. Untuk balik nama lokal SLEMAN pada kendaraan roda dua. Terkena biaya Rp.80.000,-. Setelah membayar diberikanlah surat kecil warna merah dimana surat itu untuk mengambil BPKB di kemudian hari.
10. Selesai sudah. Proses balik nama. Nanti tinggal menunggu tanggal pengambilan sesuai yang tertera di balik surat kecil warna merah tersebut. Kira kira proses nya memakan waktu 2 minggu sampai 1 bulan tergantung ramai atau tidak pemroses balik nama tersebut.
Jadi Biaya yang dikeluarkan :
1. Fotokopi = 2000
2. Daftar BPKB = 15.000
3. Biaya gosok : 5000
4. Materai 6000 = 7000
5. Administrasi Kertas BPKB : 80.000
TOTAL——————————= 109.000 Ribu Rupiah.
About these ads

7 thoughts on “Balik nama STNK di Polres Sleman

  1. thanks brow>>>
    oiya jadi yg dipersiapkan cm bw motornya, STNK, BPKB, kwitansi, KTP kita, sm uang pastinya….
    nah kl balik nama STNK-nya atas nama bapakq tp yang berangkat q, brarti bw KTP-nya bapakq kan?lha itu ntar suruh tandatangan sesuai di KTP g? kan repot kl yg suruh tandatangan bapakq tp bpkq g ikut?gmn gan….sebelumya terima kasih…!mohon tanggapannya

  2. thanks brow>>>
    oiya jadi yg dipersiapkan cm bw motornya, STNK, BPKB, kwitansi, KTP kita, sm uang pastinya….
    nah kl balik nama STNK-nya atas nama bapakq tp yang berangkat q, brarti bw KTP-nya bapakq kan?lha itu ntar suruh tandatangan sesuai di KTP g? kan repot kl yg suruh tandatangan bapakq tp bpkq g ikut?gmn gan….sebelumya terima kasih…!mohon tanggapannya

  3. saya nitip tetangga untuk balik nama stnk dari slema ke jogya kok habisnya 1,2 juta ya????

  4. Biaya lainnya kok nggak disebutin sih (pingin tahu)… seperti biaya cabut berkas dari alamat asal, biaya masukin berkas, BBN ..opo meneh…rangerti aku.dll…… Kan yang mahal justru biaya ini-nya….

  5. Kalo cuma biaya diatas ya memang murah. Kan ada biaya balik nama, pajak tahunan dan kalo mutasi antar kota ada biaya cabut berkas, daftar masuk berkas dll yang nggak disebutkan diatas…. itu yang mahal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s