Cara memperpanjang stnk di samsat sleman

Wokey.. tentunya temen2 semua mempunyai kendaraan bermotor yang setiap 1 tahun sekali harus memperpanjang umur pake stnk.
kalo gak ya anda kena denda saat di pos polisi ato pas kena cegatan atau esok nantinya menjadi ganjalan saat berkendara.
yah setidaknya bayar pajak untuk negara.

Yuk lanjut :
Bahan-bahan :
1. STNK aseli
2. KTP pemilik kendaraan ASELI
3. BPKB aseli
4. Bolpoint
5. UANG
6. Temen buat ngobrol ato doa buat dapet kenalan nanti.

Jika ganti STNK/ganti Plat ( pajak 5 tahun nan )

–> Anda harus membawa kendaraan anda kearah barat dari pintu masuk/parkiran kedepan kantor tanda cek fisik kendaraan. parkirlah ditenda yang telah disediakan.
–> kemudian tengoklah kepala anda ke timur. nah disitu anda me-fotocopy STNK-KTP-BPKB gak usah bilang aneh2. cukup bilang fotokopi pak/mbak. mereka sudah tahu gemana caranya fotokopi.nanti sudah diklip alias dibendel siap di masukkan loket. Dan cukup bayar 1000rupiah.
–> kembali ke motor anda. cari orang yang berseragam bengkel membawa seember kunci-obeng dan sebendel kertas. bilang aja cek fisik pak/mas.
maka setelah itu motor anda akan dikerok no rangka dan no mesin pake isolasi setelah itu akan ditempelkan dikertas dan bayar 5 ribu ditempat.
–> lalu tengoklah ke arah selatan. maka bersemayamlah loket cek fisik. anda cukup membawa kertas tadi beserta bendel fotokopian tersebut untuk disyahkan alias dicap dan ditandatangani. anda tidak bayar apa2 diloket ini. gratis!!!

Jika alamat STNK dan ktp tidak sama.

–> anda harus mencari bapak tekno di gedung yang sama pada loket cek fisik.anda cukup masuk melalui pintu sebelah selatan pada gedung itu. masuk dan lurus saja. sampai menemui tangga- nah ruangannya disebelah timur caket tangga itu. lalu antrilah untuk masuk. biasanya ada dua orang nah nanya aja ma salah satunya. Misal nanya : pak ini bagaimana tempatnya KTP ma stnk beda.
trus anda menyerahkan bendel kertas tadi. lalu akan diorek2.
untuk biaya bisa gratis bisa gak. tergantung mood nya bapaknya ato kesulitan yang dialami. kalo aku kemarin gratis tuh.

–> point selanjutnya setelah hal diatas dilakukan.
–> jika anda alamtnya sudah sama-trus cuma perpanjangan stnk tahunan langsung point 1 tadi yakni foto kopi surat diatas tadi trus

—> NExt

–> masuk ke gedung Utama yang paling ramai.
–>jika anda bayar pajak 5 tahunan/ganti plat anda ambil formulir dan membayar di loket IC ada plakatnya kok. untuk motor 40.000 untuk mobil 70/80 ribu ya.kemudian isi formulirnya. gak usah lengkap2 gak dibaca kok. yang penting2 aja. sesuai yang tertera dalam STNK. dan ikuti hal dibawah ini..hehe..
–>jika anda cuma perpanjangan tahunan langsung next saja keloket IIIC
–> trus anda ke loket IIIC . masukkan ke dalam keranjang merah saja itu bendel anda. dan tunggu sebentar panggilan. maka akan dikembalikan BPKB aseli anda.
–> next tunggu diloket IV E-D-C-B-A sesuai panggilan. mending diloket VIE saja. yang jaga cewek. cakep deh… yang temenku dulu. sekarang gak tahu jalan ma sapa. tahu dulu ae maem mentah2 hehehehe
–> nah dikau mbayar lagi sekarang. under th2000 ya 100an diatas nya ya 200an hehehe..mampus gak u. mahal kan. udah naek harganya bos…
–> dikau dikasih kertas putih setelah itu tunggu diloket V a-b-c nunggu panggilan saja. nah dikau dipanggil dah. tanpa pembayaran apapun juga.

–> sudah deh. rampung STNK nya masih terlanjang. beli case pembungkusnya 1000 perak pada orang2 bakul pasti ditawari plastiknya pak.

–>>etttt… bagi yang ganti STNK/ganti plat anda gak bisa langsung dapat plat. you harus menunggu sekitar 2 bulan.tanggalnya mang nanya diloket Vs tergantung ramai ato gak nya orang ganti plat. kalo mau ngambilnya di loket VI ya paling barat sendiri dengan membawa STNK.

kemarin ditawari calo juga untuk ngurus katanya 5000 perak. tapi gak tahu nanti dia nodong gak, ato minta uang alesan biaya ini itu. mending dewean aja. ato pas ngisi formulir ditawarin 2000 buat ngisi. ah mending diisi dw aja. gampang banget kok. gak perlu lengkap. suer dah….

SETELAH ITU finis dah..
wassallam…

by: bayektabung

About these ads

27 thoughts on “Cara memperpanjang stnk di samsat sleman

  1. kalo mo mutasi dari sleman kejogja caranya gimana bos ? trus biaya cabutnya berapa ? stnk bukan atas nama sendiri . . . tolong jwb secepatnya yo bos . kamsia . oh ya nanti disamsat sleman nemuin siapa bos ? trim ya bos .

  2. Makasih Mas..
    Saya udah sering kalo pajak tahunan. Yg agak bingung nek ganti plat 5 tahunan, masih kurang paham. Tapi berkat petunjuk dari Panjenengan moga bs lancar. Hari ini 12 Sept 2009 akan langsung saya praktekkan. Makasih bgt Mas…

  3. Mas, saya udah praktek ni, baru aja. Nek tadi cek fisik mbayar 15ribu je Mas. Fotokopi 2rb (tp dikasih plastik bungkus stnk). Trus karena sy lupa bawa pulpen, drpd hrs beli, saya terima tawaran org yg mau ngisikan blangko itu, bayar 2rb. Kalo petugas kasir yg paling cakep ada di kasir IV B Mas. Makasih bgt ya Mas…

  4. klo perpanjang mobil carry futura thn 1991 skr biayanya sampek brapa? n klo mutasi biaya pencabutannya berapa? trims buanget dech… to panjenengan

  5. Mas kalo mo ganti alamat di STNK dan BPKB biayanya berapa? soalnya aq pindah alamat tapi masih di Sleman juga sih???

  6. nanya gan…
    kalo mau cabut stnk gimana?
    prosesnya sama ga, dengan ganti stnk / 5 tahunan…?
    tenks respon secepatnya ^_^

  7. ribet juga ya,,,klo pajak tahunan ga ada ktp gmn ya??? soalnya mobil blm sy balik nama,,dan lo pinjam ktp ke yg punya dulu males bngt,,orangnya judess

  8. iya sekarang di samsat sudah ada papan petunjuknya,tinggal ngikuti sj….atau klo nggak mau repot ya titipkan sj sm biro jasa…..

  9. infonya dung,,,,,prpnjang STNK tpi ktp yg pnya udh mninggal apkah hrus pkai surat kmatian ya pgganti ktpnya ya,,,,,

  10. bos aku mau tnya lw mau byr pjk motor
    tp ktp/sim atas nm org lain gmn? soaly
    bli mtor second n motor orag prtmy
    enth kmn.. mohon pencerahan
    mksih ???

  11. kalo plat kendaraan luar kota, bisa engga om bayar pajak sekalian perpanjang STNK (gesek nomer mesin dan ranka) ??????

  12. kalau punya koneksi orang dalam, aye dihubungkan jg brsdia bang,biar bisa nitip & pake kopi2 jg gak papa dech,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s